advertisement

Kamis, 15 Februari 2018

Kerja Online Sebagai Fotografer Freelance


Di masa yang susah cari kerja dan banyaknya pengangguran seperti saat ini, maka kerja online sebagai fotografer freelance (lepas) di internet adalah pilihan yang baik untuk memecahkan masalah itu. Pengetahuan fotografi itu tidaklah sulit untuk dipelajari, harus dilakukan secara belajar dengan praktek secara langsung. Dengan hanya berbekal kamera saku digital terbaru maka anda akan siap untuk memasuki dunia kerja online secara bebas tak terikat. Bebas disini maksudnya adalah tidak terikat oleh aturan perusahaan mengenai jam kerja, absensi, syarat ijasah Perguruan tinggi, tak perlu harus melamar sampai ratusan lamaran yang akhirnya tetap ditolak.

Pemanfaat peralatan yang terbaik dan tepat akan mendukung kerja online sebagai fotografer freelance atau profesional. Terutama dengan menggunakan kamera yang lebih mahal yaitu DSLR (digital single lens reflect) serta teropong jarak jauh dan juga tripod adalah jauh lebih baik dalam hal menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi, lebih di anjurkan untuk digunakan. Ada baiknya sebelum mulai mendaftar keberapa situs microstock untuk menyerahkan hasil forografi kita, terlebih dahulu melakukan latihan membidik objek secara terus menerus, sehingga betul-betul mahir menguasai alat dan mampu menghasilkan gambar yang sangat bagus. Dan jangan lupa untuk selalu belajar tentang fotografi secara online melalui artikel, tutorial, serta tip dan trik di internet.

Anda lebih baik membaca artkel ini: Kerja Online Di Bidang Disain Grafis Freelance.

Ada banyak situs yang bisa di gunakan sebagai penyalur hasil akhir dari kerja online sebagai fotografer freelance untuk menjual hasil jepretan kamera kita, dimana dengan mereka mampu menghasilkan gaji atau pendapatan sebagai imbalan kerja keras kita selama ini :

1. Dreamstime, Situs microstock ini mempunyai PR7, dan telah ada 17 juta pengguna, serta mempunyai angka traffic pengunjung sebanyak 23 juta visits per bulan. Didirikan sejak tahun 2010, sudah ada puluhan juta photo disana.
Menurut pengalamanku situs dreamstime ini lah yang terbaik sebagai tempat untuk wadah dan tujuan untuk kerja online sebagai fotografer freelance

Dreamstime - halaman depan


2. 123rf, situs yang cukup bagus untuk para fotografer karena jumlah pengunjungnya mencapai hampir 30 visits per bulan, dan punya PR7. Sampai saat ini ada 77 juta foto telah tersimpan disana. minimum pay out adalah $50. Ini adalah situs mikrostok terbaik no 2 untuk tujuan kerja online terpercaya sebagai juru foto lepas.

123rf - halaman depan


3. istockphoto, Situs mikrortok yang cukup bagus dengan PR8 dan angka traffic yang tinggi sekitar 30 juta visits per bulan.Wadah yang baik bagi fotografer lepas untuk kerja online dan sudah terkenal dan terpercaya. jangan ragu ragu untuk bergabung di sana.

istockphoto - halaman depan


4, shutterstock, situs yang paling besar untuk ukuran mikrostok photography, PR8 dengam 125 juta foto sudah ada disana. angka traffic nya mencapai 77 juta visits per bulan, cukup bagus untuk dimasuki. Situs ini juga cukup terpecaya sebagai wadah para juru foto lepas untuk kerja online di sana.

shutterstock - halaman depan


Anda lebih baik membaca artkel ini: Kerja Online Sebagai Penulis Lepas di Internet.

5. Eyeem, situs ini adalah situs pasar untuk foto dan komunitas fotografer terbaik minimum pay out minimal $2 PR6, serta angka traffic nya 1,9 juta visits per bulan. Cukup bagus untuk diikuti karena saya telah 3 kali dapet kiriman duit dari sana. Situs yang bukan mikrostok tapi bagus pula untuk para juru foto seperti kita sebagai wadah kerja online.

Eyeem - halaman depan


6. fotolia, situs yang cukup tua dan dimiliki oleh adobe punya PR7 dan angka traffic sebesar 9 juta visits per bulan. agak susah untuk menerima foto baru. Situs mikrostok yang paling tua dan terpercaya bagi para fotografer freelance sebagai sarana kerja online.



Fotolia - halaman depan


Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam kerja online sebagai fotografer freelance sebaiknya kita melakukan penjualan ke beberapa situs tersebut diatas bersama-sama.Tetapi sebelum kita mengikuti semua situs tersebutu diatas hendaknya dipelajari dan diperhatikan tengant cara mengisi tax reform. Kalau susah tinggalkan kalau mudah teruskan.

Dan juga perlu diperhatikan beberapa hal ini yang memungkinkan foto kita lebih mendominasi di kategory tertentu dalam satu situs itu. Hal ini penting agar hasil akhir dari kerja online sebagai fotografer freelance kita lebih optimal

1. Memilih genre foto yang paling populer untuk dibuatkan foto oleh kita. Karena foto yang paling populer adalah foto yang paling banyak diminati atau paling laris terjual. Memilih foto paling banyak terjual (best selling...kalau di dreamstime). Juga penting untuk mengetahui jenis foto yang lagi ngetrend saat itu. Pemilihan dengan cara ini akan memudahkan kerja online kita dalam bidang fotografi terutama yang berorientasi ke hasil yang bagus.

2. Mengunggah foto dalam jumlah yang banyak dan konsisten. terutama untuk kategory tertentu, hal ini dimaksudkan untuk dominasi keberadaan foto jenis itu. Tetapi penting kiranya untuk memperhatikan angka keberhasilan penerimaan foto di sana. semakin besar angkanya maka berarti kerja offline dan kerja online kita berhasil.

3. Membuat judul yang bagus, yang menarik perhatian, unik, dan mengandung keywords 2 frasa atau lebih di awal judul. Keyword tersebut harus sama antara di judul, diskripsi, dan di keyword clouds.

4. Membuat diskripsi yang bagus dan unik dengan mengandung keyword di awal diskripsi dan di akhir diskripsi.

5. Membuat keyword tags di kotak tags nya sebanyak 50 buah, agar mengoptimalkan dari hasil pencarian dengan search engine pada situs itu.

3. Mempromosikan link dari halaman penjualan dari tiap foto yang telah kita unggah disana, ke berbagai sosial media atau ke blog kita. Untuk mencari pengunjung secara cepat, sehingga foto kita akan menjadi trend untuk kata kunci tertentu yang telah kita pilih dalam waktu yang lama. langkah promosi secara online ini merupakan langkah kerja online yang paling inti dalam menarik pembeli. Dengan strategi yang tepat maka hasilnya akan memuaskan.

4. Membagikan halaman portfolio kita ke berbagai penjuru secara online atau offline. halaman portfolio kita ini berisi informasi tentang kita dan koleksi foto kepunyaan kita di sana.

5. Mencoba untuk membangun backlink yang berkualitas di social bookmark, social media, blog komentar, dsb. Agar mampu mendominasi di SERP di halaman pertama google search engine.

6. Mencoba untuk memberi foto gratis ke situs puiblicdomainpicture dimana link portfolio atau halaman penjualan foto kita taruh di profile kita. Agar supaya ada yang tertarik untuk membeli koleksi foto kita di halaman portfolio di suatu situs tertentu itu. Dimana sudah barang tentu foto yang kita bagikan secara gratis adalah foto berkualitas nomor 2.

7. Unggah beberapa foto di 500PX sebagai koleksi foto,untuk membangun hubungan dengan industri yang lebih berwenang di sana.

Kerja online sebagai fotografer freelance (lepas) bisa dilakukan dengan menekuni bidang profesi lainnya secara online pula. Guna meningkatkan kemampuan sumber daya kita serta untuk meraih peluang yang ada apabila sekiranya kerja online sebagai fotografer freelance belum atau tidak memberikan pendapatan atau penghasilan yang cukup guna menopang hidup kita sehari-hari. Bidang lain yang bisa ditekuni itu antara lain: penulis, blogger, tester, asisten virtual, penjual, pemasar, atau video graber saja.

Semua bidang lainnya itu bisa dilakukan secara bersama atau sebagian, tetapi meskipun demikian tetap diperlukan kesabaran dan ketekunan dalam jangka waktu yang panjang.Kerja online sebagai fotografer freelance di situs mikrostok atau makrostok bisa dijadikan sumber pendapatan utama apabila mempunyai jumlah foto yang sangat banyak disana, angkanya ribuan dollar perbulan apabila jumlah foto bisa mencapai diatas 20 ribu buah di satu situs. Cukup menggiurkan bukan untuk kelas kerja online?

Anda lebih baik membaca artkel ini: Kerja Online Sebagai Penjual Produk Digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

7 Cara Membuat Artikel Agar Mendapat Banyak Pengunjung

Sebuah artikel di internet buat oleh seorang penulis adalah dengan sebuah alasan atau tujuan. Ada yang mempunyai alasan untuk hanya sebag...