advertisement

Sabtu, 17 Februari 2018

Kerja Online Sebagai Pembuat Video Freelance 2018


Pada saat dunia dan indonesia dilanda krisis ekonomi, dimana angka pengangguran semakin bertambah sedangkan lowongan pekerjaan cenderung tetap tidak berubah. Apa yang seharusnya dilakukan oleh para kaum terdidik yang masih menganggur? salah satu cara untuk mangatasinya adalah kerja online dengan membuat banyak video serta mengunggahnya di internet di tahun 2019 ini. Ada banyak kesempatan yang bisa diraih untuk menghasilkan pemasukan dan menjamin hidup di masa depan dengan kerja online sebagai pembuat atau pengambil video dan mengunggahnya di internet di beberapa situs.

Yang dimaksudkan dengan sebagai pembuat video (video maker) adalah membuat sebuah video dari kumpulan gambar yang dibuat secara slide/bergerak dengan menggunakan software pembuat video semacam window movie maker. sedangkan yang dimaksud dengan pengambil video (video graber) adalah membuat video secara langsung dengan kamera digital baik saku maupun DSLR secara public natural terbuka dan dengan sedikit atau tanpa edit langsung dapat diunggah ke video hosting atau situs streaming video gratis di internet seperti youtube, dailymotion dan break, dll yang merupakan hal yang paling utama dari kerja online ini.

Adapun kesempatan yang bisa diraih dan dapat dimanfaatkan serta diimpikan dalam kerja online sebagai pembuat video freelance adalah,:

1. Bisa digunakan untuk mendapatkan uang dan sebagai sumber pendapatan utama untuk waktu yang lama.

2. Bisa digunakan sebagai pekerjaan tetap atau sambilan selama waktu yang diinginkan.

3. Bisa di gunakan untuk penyalur hobi kesenangan yang bermanfaat bagi dirinya, keluarga bangsa dan negara.

4. Bisa dimanfaatkan sebagai sarana hiburan bagi orang lain yang membutuhkannya dan bagi dirinya sendiri.

5. Bisa dimanfaatkan sebagai sumber informasi dan pengetahuan bagi orang banyak untuk masa sekarang atau di masa yang akan datang.

6. Bisa digunakan untuk meningkatkan trafik pengunjung ke website atau blog kita dengan jumlah yang tak terbatas.

7. Bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah follower kita di berbagai akun sosial media networking lainnya.

dengan melihat begitu banyaknya manfaat dan keuntungan yang bisa diraih dalam kerja online dengan membuat video berkualitas maka sesungguhngya merupakan kesempatan terbuka luas bagi para terdidik tinggi untuk menjadi mandiri serta dapat dibanggakan oleh bangsa dan negara serta keluarganya. sesungguhnya banyak orang telah sukses dengan video yang diunggahnya padahal mutu videonya tidak seberapa bagus, kesuksesaan kerja online mereka malah mungkin telah mengalahkan kehidupan orang orang terdidik yang sudah belajar dan bekerja betahun tahun lamanya di dunia nyata.

Anda juga bisa membaca artikel ini : Kerja Online Sebagai Fotografer Freelance

ada beberapa situs yang bisa digunakan sebagai sarana untuk kerja online sebagai pembuat video freelance (lepas - tak digaji) ditahun 2019 guna meraih mimpi kesuksesan antara lain:

1. Youtube, yaitu situs video streaming gratis yang terbesar, terkenal dan terpercaya dan terbukti mampu mendatangkan keuntungan finansial dan selain finansial. Seseorang yang mengenal internet akan sangat rugi bila tidak tahu youtube atau bahkan belum pernah bergabung menjadi anggotanya walaupun hanya sekedar sebagai penggembira. Youtube dengan statusnya yang mempunyai PR10, 30 milyar visit per bulan serta jumlah anggota yang mencapai 2 milyar orang, dimana telah ada 5 milyar video dan lebih dari 1 milyar channel sangat besar potensinya untuk bisa dimanfaatkan sebagai sarana kerja online oleh siapapun di internet.

Oleh karena itu segeralah membuat channel dengan menggunakan kata kunci (keywords) yang kamu kuasai dan kamu sukai. Dengan nama channel itu kita bisa mengunggah beberapa jenis video yang sama dengan nama channnel kita, itu sudah merupakan langkah optimasi channel dan video.

Dengan sistim kerja online yaitu dengan mengunggah beberapa video di youtube kita berkesempatan untuk meraih uang sebagai insentif atas kerja keras kita dalam membuat video untuk lebih bersemangat. uang yang dihasilkan dari sini berasal dari google adsense yang terpasang di banner ads di video. Apabila anda mempunyai akun di google adsense, segera saja mendaftarkan diri anda sebagai partner dengan youtube untuk monetisasi video yang kita unggah di sana. Penghasilan dari kerja online kita ini sekitar 55% dan untuk youtube memperoleh 45% ini disebut sistim revenue sharing. Disamping dengan google adsense ada banyak cara kerja online lainnya untuk menghasilkan uang di youtube.

2. Dailymotion, sebuah situs seperti youtube tetapi bukan dimiliki oleh google sebagaimana youtube. Apabila anda tidak mempunyai akun google adsense maka situs ini sangat cocok untuk digunakan dalam mencari rejeki melalui video kita. Dailymotion juga bekerja dengan sistim revenue sharing atau bagi hasil dan situs ini adalah yang terbesar kedua untuk kategory situs streaming video gratis setelah youtube di internet. Banyak yang bisa dimanfaatkan di dailymotion, seperti apa yang saya tulis dengan point-pont tersebut di atas. Bergabung dengan youtube rugi rasanya kalau tidak bergabung dengan dailymotion juga. Kerja online di situs ini lebih mudah karena tidak ada keharusan bagi kontributor untuk memiliki akun google adsenses untuk meraih pendapatan.

3. Break, situs streaming video gratis yang mengkhususkan diri untuk video video lucu dan menyenangkan. Kita bisa melakukan kerja online di sini dengan mengharapkan penghasilan dari video kita yang lucu, apabila video kita itu bisa berada di homepage dari situs ini mereka akan membayar kita sebesar $2000 ke paypal kita. Apabila anda mempunyai video yang lucu yang ada di youtube boleh anda jual ke mereka atau melinsensikan ke mereka juga dengan besaran uang tertentu.

4. topbuzz, yaitu sebuah situs streaming video gratis berbasis mobile phone atau smartphone. Kita bisa memanfaatkannya untuk keuntungan financial dengan mengunggah video sebanyak banyaknya. Penghasilan kita dari kerja online ini dari iklan yang diklik oleh penonton melalui mobile phone sebesar $0,1 perklik, jadi kita ada 300 video punya kita di sana dan setiap bulan ada 3 klik iklan, maka penghasilan kita bisa mencapai $30 per bulan dan dibayar melalui paypal kita. Penulisan judul dan diskripsi serta tags keyword itu sangat berperan juga dalam menghasilkan uang disana.

keempat situs tersebut diatas boleh diikuti semua atau beberapa saja tetapi yang paling penting itu bagaimana caranya agar kerja online kita melalui banyaknya video yang telah kita buat bisa menghasilkan pendapatan secara optimal atau maksimal.

Maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan secara mendalam dalam usaha kerja online sebagai pembuat video freelans ini, yaitu:

1. Judul atau Tittle, perlu diperhatikan untuk memberi hasil yang optimal yaitu menggunakan kata kunci yang sesuai dengan nama jenis video dan nama channel, dan huruf yang dipakai tidak melebihi 90 buah. Sebab secara pasti dan umum judul sangat berperan besar dalam hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci terpilih melalui search engine daripada situs yang ada. Sedangkan diskripsi dan tags keyword clouds sangat membantu judul dalam dominasi nya di hasil search engine situs tersebut.

2. Diskripsi, yaitu rangkaian kalimat yang terletak di kotak diskripsi yang berisi beberapa kata kunci yang sama untuk mendukung judul dalam dominasinya dari hasil pencarian di search engine situs itu. Terutama rangkaian kalimat pada 100 huruf pertama, hendaknya diperhatikan untuk menggunakan kata kunci dua kali yaitu rangkaian kalimat pertama dan pada rangkaian kalimat kedua yang masih ada pada 100 huruf pertama.Ini merupakan langksh optimasi kedua setelah optimasi pada kalimat judul. Sehingga cukup kuat posisinya.

3. Tags kata kunci, atau keyword tags, ini adalah kumpulan kata kunci satu frasa kata , dua frasa kata atau 3 frasa kata dan bisa juga empat frasa dari kata. penggunaan kata kunci ini diijinkan sampai dengan jumlah 50 buah kata kunci (youtube) untuk lebih mengoptimalkan hasil pencarian di search engine situs itu. Penggunaan keyword tags clouds ini dimaksudkan adalah untuk mendukung kalimat judul yang sudah dioptimalkan terlebih dahulu, sehingga bersama sama dengan kalimat diskripsi akan semakin memperkokoh posisi video tersebut dalam hasil pencarian di search engine situs itu berdasar kata kunci (keyword0) tertentu.

4. Mengunggah video dalam jumlah yang banyak secara pasti dan teratur, video yang diunggah seyogyanya adalah mempunyai jenis yang sama dengan nama channel dan kata kunci yang telah digunakan.

5. Melakukan sosialisasi ke situs itu dengan melakukan komentar yang baik ke berbagai video di channel lainnya yang mempunyai kesamaan nama dengan nama channel kita.

6. Mempromosikan video secara viral dengan menggunakan jasa pembuatan embedding video di berbagai situs dengan menggunakan situs sebagai pihak ketiga seperti fiverr atau seoclerks untuk dominasi pada hasil pencarian di mesin pencari google, bing dan yahoo atau lainnya. Ini juga merupakan langkah pembangunan backlink untuk link video kita secara massif.

7. Membagikan link video itu ke berbagai situs sosial media networking besar lainnya seperti twitter, facebook, linkedin, pinterest, dan instagram ke pada khalayak umum atau ke pada follower kita yang ada di sana.

Kerja online sebagai pembuat dan pengunggah banyak video secara lepas adalah termasuk juga merupakan pekerjaan professional apabila dilakukan dengan sungguh sungguh penuh ketekunan dan kesabaran dan penuh pengorbanan. Apalagi kalau telah terbukti mampu menopang kehidupan sehari-hari kita untuk saat ini dan yang akan datang. Ini akan menjadi pekerjaan kerja online full time (penuh waktu) dan menuntut professionalitas yang tinggi dari kita.

Ada baiknya kita selalu meningkatkan mutu kerja online kita melalui peningkatan mutu alat, kerja dan hasilnya serta diri kita sendiri dengan cara belajar dan mengajar secara online di internet alias autodidak.

Anda juga bisa membaca artikel ini: Kerja Online Sebagai Penjual Produk Digital

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

7 Cara Membuat Artikel Agar Mendapat Banyak Pengunjung

Sebuah artikel di internet buat oleh seorang penulis adalah dengan sebuah alasan atau tujuan. Ada yang mempunyai alasan untuk hanya sebag...